Ilustrasi belajar. (Foto: Pixabay/Photos/Study)


Dalam ajaran agama Islam menuntut ilmu atau belajar merupakan kewajiban bagi setiap individu. Dengan belajar seseorang tidak hanya mendapatkan banyak pengetahuan dan wawasan namun kualitas diri juga bisa semakin meningkat. Namun ada kalanya ketika belajar tidak jarang banyak orang yang sulit memahami dan bahkan setelah belajar menjadi sulit memanfaatkan ilmu yang di dapat.

Kondisi seperti ini pasti tidak diinginkan semua orang yang sedang belajar karena mengingat selain belajar merupakan kewajiban, belajar juga membutuhkan perjuangan baik secara materi maupun non materi, jika belajar tidak mendapatkan manfaat dan keberkahan dari ilmu yang dimiliki maka orang tersebut menjadi orang yang merugi.

Maka dari itu agar proses belajar berjalan dengan lancar, ilmu yang dipelajari dapat bermanfaat dan diberikan pemahaman oleh Allah Swt selama berproses dalam menuntut ilmu hendaknya kita sebagai umat Nabi Muhammad Saw selalu berdoa. sebelum dan juga sesudah belajar.

Berikut merupakan beberapa doa belajar yang dapat kita terapkan ketika memulai kegiatan belajar.

📝Doa Sebelum Belajar

🤲Doa Sebelum Belajar #Pilihan Pertama


اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَ وَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ



Arab Latin : Allahummakhrujnaa min zhulumaatil wahmi wa akrimnaa bi nuuril fahmi waftah 'alainaa bi ma'rifatika wa sahhil lanaa abwaaba fadhlika yaa arhamar-roohimiin.


Artinya : Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka, muliakanlah kami dengan cahaya kepemahaman, bukakanlah untuk kami ilmu pengetahuan dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugrah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang.

🤲Doa Sebelum Belajar #Pilihan Kedua

رَضِيْتُ بِاللّٰهِ رَبّا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلاً رَبِّىْ زِدْنِيْ عِلْمًـا وَارْزُقْنِـيْ فَهْمًـا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ



Arab latin : Rodhiitu Billahi Robba Wa-bil Islaami Diina Wa-bi Muhammadin Nabiyya Wa Rosuula, Robbi Zidnii ‘Ilman War Zuqni Fahman Waj’alni Minas-Sholihiin

Artinya : Aku rido Allah Swt sebagai Tuhanku dan Islam sebagai agamaku dan Muhammad Saw sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah tambahkanlah bagiku ilmu dan berikanlah aku pemahaman yang baik dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang sholih.

🤲Doa Sebelum Belajar #Pilihan Ketiga


اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Arab latin : Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’an wa rizqon thoyyiban wa’amalan mtaqobbalan.

Artinya : Ya Allah, sungguh aku memohon ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amal yang diterima.

📝Doa Setelah Belajar


Selesai kegiatan belajar, maka kita juga dianjurkan untuk membaca doa dengan harapan agar Allah Swt. memberikan petunjuk, keberkahan dan limpahan rahmat terhadap ilmu yang telah dipelajari. Adapun doa selesai belajar sebagai berikut yang telah ditulis lengkap beserta latin dan artinya.


🤲Doa Setelah Belajar #Pilihan Pertama

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Arab latin : Allahumma arinal haqqo haqqon, warzuqnat-tibaa’ah, wa arinal-baathila bathilan, war-zuqnajtinaabah.

Artinya : Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kebatilan (keburukan) sehingga kami dapat menjauhinya.

🤲Doa Setelah Belajar #Pilihan Kedua

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰه علَى كُلِّ حَالٍ

Arab latin : Robbanan-fa’naa bimaa ‘alamtanaal-ladzii yanfa’unaa wa zidnaa ‘ilman wal-hamdulillaahi ’alaa kulli haal.

Artinya : Ya Allah jadikanlah ilmu yang telah kami pelajari menjadi imu yang bermanfaat bagi kami, serta tambahkanlah ilmu kami, segala puji bagi Allah dalam setiap keadaan.